Jualan Online di Facebook Fanpage

Bismillah..
Aq mau belajar sharing sesering mungkin atas segala hal yg aq pelajari… semoga bisa tetep konsisten.. hahahhahaha konsistensi emang selalu jadi masalah besar ya.. Bismillah!..
Di sebuah event santai TDA Depok, narsumnya sharing tentang cara belajar… 92% penyerapan ilmu itu dengan cara teaching or sharing to others.. Belum pantas utk teaching, aq di level sharing aja ya..
KiosDelima sendiri juga baru main di fanpage facebook, jadi belum banyak yang bisa aq sharing.. semoga nanti ada yang mau menambahkan atau kalau ilmu udah nambah aq update lagi ^_^
Aq hanya akan sharing apa yg kudu dilakukan di fanpage ya.. nah, kalo belum punya fanpage, trus mau nanya gimana cara buatnya japri aja ya… ^_^
cover fp kd
1. FANPAGE PRODUK
 Untuk melakukan pemasaran dengan cara yang betul, fanpage ini MESTI punya.  Disinilah kita bisa mempromosikan semua produk kita, juga berhubungan langsung dengan calon maupun pelanggan.  Jangan lagi menggunakan akun pribadi, terus tag temen2 kita.  Hal ini cuman nunjukin kita tidak profesional dan parahnya, kita bisa di BLOCK oleh facebook.  Karena memang, melakukan spam, sangat dibenci seantero jagat facebook -_-“
 2. Cover Page
 Ini adalah gambar paling atas (header) pada fan page. Bagian ini memiliki peranan sangat penting, karena yg pertama kali muncul ketika ada yang mengunjungi fanpage kita adalah cover page ini.  Buatlah desain SELENGKAP & SEMENARIK mungkin.  Kalo belum jago urusan desain2, bisa deh cari2 desain grafis untuk membuatkannya, ga mahal kok.. atau kalau pake smartphone android/tablet udah banyak aplikasi desain yang mudah… Lengkap disini maksudnya adalah segala informasi penting.. mulai dari nama toko, tag line, alamat kontak.
3. Foto Profil
 Foto ini juga penting, karena akan selalu muncul disetiap komen.  Sekarang ini, kebanyakan pengguna facebook mengakses melalui mobile phone, sehingga foto profil yang ‘smart’ sangat penting.  Foto ukuran kecil tetapi bisa menggambarkan siapa atau apa fan page kita.
4. WALL POST
 Coba kasi jeda waktu antara postingan ya.. jangan terlalu rapat, tapi juga jangan terlalu sepi.  Sehari sekitar 10 postingan aja cukup.  Berdasarkan riset yang aq baca, pengguna facebook, mengakses facebook di jam2 tertentu saja seperti pagi jam 6-8, break makan siang dan jam malam.  Nah, kita posting di ‘prime time’ tersebut juga.
Sosial media itu tempatnya soft selling dan mengutamakan engagement, so, jangan terlalu sering jualan langsung.  Isi juga fanpage kita dengan artikel2 menarik yang sekiranya dibutuhkan pelanggan, namun tetap berhubungan dengan produk kita.  Misal, di Kios Delima, kami sharing tips memilih tas, tau tips merawat tas kulit.  Artikel ini tidak harus kita tulis sendiri, tetapi ada etika copy-paste yang harus ditaati: selalu sertakan sumbernya.
Kita juga boleh tulis manfaat produk, letakkan video berkaitan produk, beri tips atau gambar menarik lainnya.
 5. LIKE KOMEN & MENTION NAMA
 Ajak pembaca fanpage untuk melakukan action, minta/ajak mereka untuk Like atau Comment postingan kita.  Hal ini gunanya agar fanpage kita selalu muncul di timeline mereka, dan juga muncul di timeline temen2nya.. sehingga kemungkinan bertambahnya pemirsa fanpage kita menjadi luas.
Ketika membalas comment, mention nama mereka. Dengan cara ini mereka akan merasa dihargai dan tahu bahwa kita membaca respon mereka. Bahwa kita serius dalam mengurus bisnis kita.
6. CALL TO ACTION
 Ketika kita melakukan promosi, pastikan memberikan araha untuk ACTION.  Misalnya dengan kata2: hubungi admin segera, add pin bb kami, contact whatapp untuk dapatkan harga terbaik.  Arahannya harus jelas ya.. Tulis nomer kontak dengna benar dan lengkap..  Tulis juga nama adminnya, sehingga mereka akan merasa dilayani secara ‘personal’.
7. WAKTU RESPON
 Ketika ada yang menghubungi kita, segera berikan respon.  Ini menunjukan kita senang dihubungi, jangan biarkan komen hingga 2-3 hari.
Aq pernah, tidak terlalu menyadari ada yang komen, setelah hampir seminggu baru tau ada komen itu, aq kontak orangnya.. dia bilang: udah beli dari toko ya lain.. Yaaa belum rejeki yaa.. hahahaha… jadi pelajaran banget tuh, supaya selalu cepat tanggap! Quick Respond itu penting!..
Nah, segitu aja sharingnya ya.. semoga berguna.. ^_^
happy facebooking…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*