Berbisnis yukk ^_^

Saya pingin sharing memulai bisnis yaa.. semua ini yg ada dikepala saya jadi, so please consider it as my opinion, kalau punya opini laen please welcome 😀

Flyer Kios Delima

1. carilah usaha yang sudah eksis, lalu tambah valuenya. Kl memulai usaha yg blm eksis atau dalam kategori baru kita harus lebih gigih lagi memulainya… dan itu: berat!

2. Bisnis yang eksis dan sudah terbukti survive, bukan bisnis yang angin2an, repot nantinya.. apalagi untuk pemula yang belum bermental ‘baja’.

3. Rumus paling ampuh adalah ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).  Ga’ masalah jadi follower yang penting kan omset dan cashflow lancar toh?!..

4. Bisnis itu punya ‘life cycle’ seperti makhluk hidup: lahir –  tumbuh – berkembang – menua – mati. Nah pelajari bisnis yang life cycle-nya panjang.. jangan seumur jagung yaa… banyak banget bentuk usaha diluaran sana yang istilahnya tuh: ga’ ada matinya!.. yes! pilih bisnis yang seperti itu…

5. Mulai dari yang sederhada, ga’ perlu ngoyo pengen yang wah… ada istilah: Awal mulai usaha jangan banyak gengsi, tahan dulu gengsinya untuk sesuatu yang bergengsi 🙂

6. Susun strategi bisnis dengan detail.. emang sih bisnis itu kudu Action, tapi bukan berarti ga’ pake strategi sama sekali…

7. Pilih bisnis yang sesuai passion, agar bisa dicintai, dinikmati dan insyaAllah berkah.. aamiin..

8. Pasang target yang masuk akal, jangan terlalu rendah atau ketinggian.  Target harus disusun dengan detail, bertahap dan terukur.  Jangan: bisnis ini dalam 2 bulan akan besar.  weeh sebesar apa? target omsetnya berapa? peningkatan tiap bulannya berapa %?..

9.  Susun juga strategi untuk mencapai target tersebut.  susun dari hal yang paling sederhana hingga yang rumit.  semuanya itu dicatet yaa.. jangan biarin dikepala doangan.  klo gw sih biasanya dituangin kedalam Mind Map.

10.  Kecepatan sukses itu berbanding lurus dengan keyakinan.  so, kita kudu yakin dengan apa yang dikerjakan.  Jauhin deh energi negatif, hanya penuhi diri kita dengan energi positif.  bersahabat dengan buku2 motivasi, semangat itu kudu di-charge juga kaan..

11. Bisnis juga punya SWOT, analisa dengan seksama apa kelebihan dan kekurangannya.. cover kekurangan dengan kekuatan.  Analisanya sederhana saja, beri kekuatan dengan nilai tambah.

Yukk teman berbisnis, bersamangat.. Ganbate! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*