Cara Jualan Seru di Tokopedia

Melanjutkan postingan sebelumnya, masih dari materi KULWA saya minggu lalu mengenai Carfa Membuka Toko di Tokopedia untuk pemula.

Artikel sebelumnya: Cara Membuka toko, silakan klik jika belum punya toko di tokopedia.  Sekarang kita akan menambahkan produk pada toko kita ya..

Pertama Siapkan foto produk.

Buat beberapa foto dari sudut berbeda (misalnya foto tampak depan, samping dan belakang).  Tokopedia memperbolehkan kita mengunggah hingga 5 foto, sebaiknya minimal 3 foto untuk tiap produknya.

Bisa saja menggunakan gambar-gambar produk dari Internet.  Tapi sebaiknya hindari foto yang mengandung *watermark* dan hak cipta.  Karena hal ini melanggar ketentuan tokopedia.  Akibatnya foto atau produk tidak aka muncul, akibat paling besar, bisa saja toko kita di suspend karena dicurigai toko cloning atau spamming.

Draft deskripsi

Saya menganjurkan untuk membuat draft terlebih dahulu.  Bisa di word atau notepad.  Mengapa perlu di draft?.. agar sistematis dan lengkap.  Deskripsi juga mengandung SEO (search engine optimation).  Banyak toko besar yang mengulang-ulang keyword yang sama berkali-kali di judul dan deskripsi.  Agar produk kita tampil di halaman utama Tokopedia.  Tapi tidak akan begitu berpengaruh jika belum ada reputasi.  Jadi, ada baiknya, dipersiapkan sejak awal.

Tulislah sesuai dengan kualitas barang aslinya. Jelaskan pula jika produk mempunyai berbagai varian, misal warna, motif atau ukuran. Selain itu, beberapa jenis produk kadangkala sebaiknya menyertakan ukuran dimensi. Pastikan juga anda mengetahui berat pasti masing-masing produk, data berat produk ini akan digunakan nantinya untuk menghitung biaya kirim.

*Tambah produk*

Pada bagian ini ada 8 isian yang perlu dilengkapi.

  1. Nama Produk, yaitu nama barang yang akan tampil di etalase tokopedia. Gunakan penamaan yang menarik, karena ini akan menjadi judul yang pertama kali dibaca oleh calon pembeli. Pastikan betul tidak ada kesalahan baik eja maupun lainnya. Karena *judul produk tidak bisa diubah jika sudah terjadi penjualan*.
  2. Bisa pilih sendiri kategori dari daftar yang tersedia, atau menggunakan rekomendasi kategori yang akan muncul saat selesai mengetik nama produk.
  3. mengisi Deskripsi Produk. Nah pada bagian inilah draft yang telah disiapkan sebelumya berguna.
  4. Harga satuan produk. Ketik harga tanpa menggunakan koma atau pemisah puluhan atau ribuan. Misal harga produk 150.000, maka cukup diketik 150000 dan tokopedia akan otomatis mengkonversinya menjadi bentuk ribuan.
  5. Di bagian bawah harga ada kotak berat, pesanan minimum, dan kondisi barang. Isi bagaian-bagian tersebut sesuai dengan produk yang dijual. Sedikit tips untuk mengisi berat, sebaiknya yang dimasukkan adalah berat produk ditambah berat kemasan (biasanya 50-100 gram). Ini dikarenakan berat produk akan menjadi acuan ongkos kirim.
  6. Bagian etalase buat etalase baru dengan klik Tambah Etalase. Kemudian masukkan nama etalase yang diinginkan, misal Tas Ransel, Tas Selempang. Atau bisa juga dengan etalase per merk. Misal: Rumah Warna, Maika dan lain-lain. Sedangkan untuk status, pilih Stok Tersedia, isinya jumlah stock.  Fitur ini sangat membantu mengelola stock.
  7. Pada beberapa bagian di bawahnya hanya opsional saja. Bisa menawarkan asuransi, pengembalian produk, preorder, atau pun harga grosir.
  8. Untuk tahap akhir, cukup satu tombol Simpan untuk menyelesaikan dan produk sudah tersedia di etalase tokopedia.

Untuk melihat bagaimana produk tampil di tokopedia, cukup klik produk yang ingin dilihat pada halaman Pengaturan Produk.

Tips and Trick

Beberapa tips dan trick yang saya rangkum, dari sharing teman-teman juga dari pengalaman pribadi mengelola toko di tokopedia.

  1. Pasang harga murah dulu, itung-itung promosi lah
  2. Jawab diskusi dan pesan secepat mungkin
  3. Promosikan teman / saudara agar beli di tokopedia di produk tersebut. HATI2 jangan beli produk sendiri untuk menaikkan rating, nanti kena setrap
  4. Klik tombol promosikan produk ini di produk tersebut, setiap jam. Tapi ini kurang efektif kalau belum ada penjualan
  5. Usahakan untuk dapat review 4 atau 5 di awal agar produknya bisa nongol di halaman depan
  6. Topads mah belakangan saja…. kalau udah jalan baru pasang iklan, cari reputasi dulu!
  7. Kalau review di bawah empat, langsung duplikat produk tersebut dan hapus yang lama.. *kejar bintang*
  8. Kalau sudah ada penjualan baik, naikkan harga dan cek harga kompetitor.
  9. Kalo produk kita harganya kurang bs bersaing, siapin beberapa produk yg di sale/jual harga modal/jual rugi untuk pancing TRAFFIC aja
  10. Sediakan produk dengan harga sangat murah (dibawah 10.000) tp bundling jadi beli min 3pcs, sehingga mempercepat jumlah barang terjual. Makin banyak barang terjual, makin sering calon customer mampir ke toko kita. Misalnya yg aq lakukan: jual bros, kaos kaki atau ciput.
  11. Pastikan packing baik agar customer senang dan memberi review bagus, kirim secepatnya, apalagi masih awal2
  12. *Jaga stock!* harus selalu ready stock, kalo udh habis, harus segera pindah ke gudang.
  13. Pantang menyerah, semangat baja dan banyak berdoa….

Happy shopping & selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*