Cara Jualan Seru di Tokopedia

Tulisan ini adalah materi yang saya bagikan pada kelas KULWA (kuliah WhatsApp) minggu lalu.  Perdana mengisi disebuah KULWA, pengalaman bagus banget buat saya.  Ketika awal ditawarin, agak ragu.  Ga yakin bisa perform.  Seringkali saya merasa lebih mudah langsung mengatakannya daripada harus melalui tulisan.  Pernah mengalami hal yang sama?.. Terkadang, lebih mudah langsung telfon aja, daripada menuliskan penjelasan panjang-lebar via email atau mesenjer kan?.. Nah, hal inilah yang membuat saya ragu.  Apalagi temanya teknis banget ya?. Mengajarkan how to itu cukup sulit, karena harus step by step.  Internet dan tokopedia tidak ada gangguan.

————————————————————-

Tokopedia adalah salah satu marketplace online lokal yang sangat populer. Menjadi pembeli ataupun penjual di tokopedia sama-sama menguntungkan.

Bagi pembeli, belanja di tokopedia akan lebih aman karena fitur escrow atau rekening bersama.  Dengan banyaknya jumlah penjual serta kategori produk yang sangat variatif menjadikan tokopedia marketplace favorit di Indonesia.

Sebaliknya, bagi penjual akan sangat terbantu karena fitur di tokopedia sangat lengkap mulai dari mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, hingga mempromosikan produk.  Bagi teman-teman onlineshop yang belum memiliki karyawan, fitur pengaturan stock di tokopedia ini sangat membantu loh.

Untuk persiapan berjualan di tokopedia, hal yang pertama dibutuhkan harus mempunyai akun tokopedia terlebih dahulu. Hanya perlu sebuah email yang masih aktif dan nomor ponsel.

www.tokopedia.com/minolshop

  1. Klik tombol daftar. Isi formulir isian, mulai dari nama, nomor ponsel, email dan lain-lain. Pastikan data yang anda isikan benar, kemudian klik tombol *Register Account*.
  2. Setelah punya akun tokopedia, sekarang saatnya membuka. klik simbol toko di kanan atas layar, kemudian klik tombol *Buka Toko* yang berwarna hijau.
  3. Setelah terbuka halaman baru, buat nama toko dengan mengisikannya pada kotak Nama Toko. Pastikan nama toko unik dan belum dipakai oleh orang lain. Caranya klik tombol Cek Nama Toko di sebelah kanan kotak isian sampai muncul tulisan *Nama toko yang Anda pilih tersedia* berwarna hijau.
  4. Begitu pula dengan domain, buatlah nama domain yang unik dan pastikan dengan meng-klik tombol Cek Domain. Nama domain ini akan menjadi alamat web toko online, oleh karena itu buatlah sesederhana mungkin dan mudah diingat misal https://tokopedia.com/minolshop. 
  5. Setelah itu, isikan pula slogan toko anda misalnya seperti *Terlengkap dan Termurah sejagad Tokopedia *. Demikian pula denga kotak deskripsi, isikan yang paling sesuai.  Pilih kata-kata yang menggambarkan isi toko kita serta tambahkan kata-kata promosi ya…
  6. Selanjutnya, siapkan sebuah foto untuk logo toko dan unggah dengan menekan tombol Browse File.
  7. Pilih kotak Asal Pengiriman dan isikan juga kode pos toko ya. Untuk alamat pickup bisa diisi dengan alamat toko fisik atau rumah. Jika tidak ada boleh dikosongkan. Supaya bisa go-send, alamat di maps harus tetap diisi..
  8. Pilih kurir pengiriman.. Bisa saja kita centang semua.  Tetapi perlu diperhatiakn, apakah kita bisa mengirimkan produk jualan kita melalui seluruh kurir tersebut?.. atas dasar efisiensi dan efektivitas, sebaiknyha pilih atau centang kurir yang memang mudah dan terjangkau oleh kita.   Sehingga ketika nanti ada penjualan, kita dapat segera mengirimkannya.

Jika sudah yakin dengan data yang dimasukkan, klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau di bagian bawah formulir tadi.

Jangan lupa untuk verifikasi via email ya…

Setelahnya, baru kita menuju profil saya.  Icon ini ada disebelah kanan atas browser.  Sorot profil saya, kemudian pilih pengaturan.Klik rekening bank. Tambahkan nomer rekening dan nama lengkap. Pastikan semua terisi dengan benar.

Yeayy tokonya sudah jadi, yuuk segera diisi dengan produk-produk kita.  Step mengisi produk dan tips-tipsnya pada postingan selanjutnya ya.. ^_^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*