Kunci Bisnis Retail part 1

Setelah beberapa tahun menjadi full-time entepreneur, saya memutuskan untuk terus mendalami bisnis retail.  Semakin banyak belajar, mentoring, sharing, seminar, workshop serta baca buku, bisnis ini semakin menarik dan seru.  Meski sangat merepotkan juga siy ^_^

Berikut ini, beberapa point penting dalam menjalani bisnis retail.. Saya tidak bilang ini adalah kunci sukses atau semacamnya, hanya catatan pinggir seorang pembelajar.  Semoga berguna ^_^

1.Punya Pelanggan loyal, yang paling mantab sih kondisi ketika pelanggan sudah fanatik.. pasti susah deh dipudarkan oleh kompetitor.. sudah terbiasa, atau merasa sangat nyaman berinteraksi dengan peritel.

hanya ilustrasi sekaligus doa aamiin

foto hanya ilustrasi sekaligus doa aamiin

2.Peritel memberikan layanan khusus pada konsumen loyal.  Harus punya nih database konsumen loyal untuk tetap berkomunikasi, sekaligus memberikan penawaran spesial, yang hanya diberikan kepada pelanggan loyal.  Atau yg saat ini lagi ngetrend: Membership. Pastikan seluruh target market mengetahui program ini, sehingga dapat menarik pelanggan loyal baru.

3.Lokasi. Hhmm… ini bukan iklan properti siyyy… tapi serius, lokasi strategis memberikan keunggulan khusus.  Dengan terbatasnya jumlah lokasi di bumi ini.  Lokasi menjadi salah satu faktor yg sangat sulit untuk ditiru oleh kompetitor. Misalnya, salah satu restoran cepat saji impor, posisinya selalu di perempatan jalan utama kota.

4. Kualitas SDM.  Bisnis ritel pun membutuhkan banyak SDM. Jadi kita tidak hanya bicara ditatanan kualitas, sayangnya model bisnis retail membutuhkan jumlah/kuantitas SDM lebih banyak dibanding model bisnis lain.

5. Sistem distribusi dan informasi.  Barang murah, cepat dan pasti tersedia.  Persediaan barang dagangan jadi salah satu faktor penting niy..  salah satu kuncinya adalah efisiensi biaya operasional serta mendapatkan vendor atau supplier yang tepat.

Perputaran barang harus secepat mungkin.  Beberapa tahun belakangan ini, siklus produk makin pendek.  Masih ingat dengan rainbow cake? berapa lama tuh happeningnya? Ga sampai setengah tahun ya.. lalu cake in jar.. pernah juga boneka emoticon.. Ga lama juga kan.. Perjalanan produk dari produksi hingga ke tangan end user cukup panjang loh…

SUPPLIER 》WAREHOUSE 》STORE 》CUSTOMER

Jangan sampai, ketika akhirnya posisi stock di store kita: Full Stock.  Eeehhh musimnya sudah turun, atau bahasa kerennya: Sunset..

kunci Retail: KETERSEDIAAN BARANG serta HARGA KOMPETITIF (bukan murah)

jadi kalau masih ada yang menghadapi kondisi:

  • jualan saya laku banget,
  • gampang banget saya ngejual
  • ihhh kalau barang datang, langsung direbutin kok

Tappiiii

  • saya sering ga dapet barang
  • stock saya sering kosong
  • buyernya banyak milih, beberapa warna/motif susah sekali keluarnya.

Itu artinya Sama Aja Engga Unggul.  Sorry to say yaaa.. Omset hanya akan tercapai jika transaksi terlaksana, duit masuk dompet atau rekening, bukan hanya permintaan yang banyak yaaahhhh… ^_^

6. Hubungan dengan vendor. Peritel yang unggul bisa mendapatkan barang berkualitas, tidak hanya harga murah/kompetitif tetapi juga harus memperhatikan Term Of Payment.  Service level, seperti seberapa besar usaha supplier untuk memenuhi order kita. Ketika seleksi supplier, tidak hanya harga dan kualitas barang, tetapi juga harus memastikan kapasitas produksi supplier.  Percuma  saja, ketika permintaan tinggi barang tidak tersedia.

7. Unik dan merchandise.  Produk lengkap, bisa juga produk unik.  Sebagai contoh: dulu, pada masa kejayaannya, supermarket hero, terkenal dengan slogan: think fresh. Supermarket yang mengutamakan produk segar.

foto dari google.com

foto dari google.com

 

2 thoughts on “Kunci Bisnis Retail part 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*