Kunci Bisnis Retail Part 2

Tulisan bulan lalu, baru sempet melanjutkan niy… Masih pingin nulis tentang bisnis retail.  Jaman kuliah, pernah belajar marketing dengan rumus dasarnya 4P: Price, Product, Place & Promotion.  Retail saat ini sudah tidak bisa lagi hanya memenuhi 4P pada dasar marketing, tetapi sudah harus 7P.

Produk, Place, Price, Promotion, People, Presentation, Procedur.

Aku bahas yang 3 terakhir aja yaa..

People. paling seneng dateng ke toko, ketika spg atau customer servicenya berkualitas.  Tidak hanya ramah, tetapi juga memahami produknya, bisa kasih kita masukan, produk apa yang cocok dengan kita.  Informatif dan resourcefull.  Paling seru kalau kita bisa kasih beberapa gimmick: gift, voucher diskon, dsb.  Untuk pembelian bertingkat.  Buatlah beberapa paket promosi langsung.

Presentation.  Coba deh perhatikan sekeliling kita.  Sejak tahun 2000an, sudah tidak ada lagi toko2 yg dikelola secara tradisional mampu bertahan.  Inget ga, waktu kecil dulu, warung jajan bentuknya seperti apa? *ketawanumurdeh bandingkan dengan warung jajan sekarang yang namanya juga makin keren: MiniMart.  Penampilan toko juga penting.  Ngaku deh, pasti pernah masuk ke toko, hanya karena desain interior atau penataan produknya unik?

warung retail tradisional

warung retail tradisional

Prosedur.  Kemudahan cara belanja, cara pembayaran juga merupakan faktor keunggulan bisnis retail.  Seringkali customer batal belanja hanya karena sistem pembayaran yang ribet, atau tidak mumpuni.  Seperti keberadaan mesin edc.  Kadang juga, ketika menjadi pelanggan, kita memutuskan belanja/jajan di toko yang memasang promo khusus untuk pembayaran dengan bank tertentu.

foto dari google.com

foto dari google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*