Re-desain pashmina

Menjelang ramadhan, berbagi merk hijab sudah mulai launching produk terbaru mereka.  Produk andalan yang InshaAllah akan bisa membawa owner menikmati panen raya ramadhan.  Saya sebagai penikmat fashion pun sudah mulai pasang mata untuk siap2 belanja ^_^

Model pashmina instant atau biasa disebut pashtan, sepertinya paling hitz ya.. Berawal dari instagram, lanjut ke market place, sampai di level ITC dan tamcit sudah mulai stock pashtan.  Nah, kebetulan ada temen saya di Fashion Club TDA Depok yang produksi pashtan.  Tapi emang si pashtan keren banget, saya engga kebagian tuh.  Sudah juga bertanya ke resellernya, yang juga member di FC, sama nasibnya..  Kalaupun ada tinggal warna gelap saja.

Kebetulan kemarin ketemu produsen pashtan, saya lihat detail produknya, dia pun sempet memperagakan cara pakai pashtan yang emang ternyata simpel banget.  Tapi ada kekurangannya untuk yang berwajah imut seperti saya, tetap harus pakai peniti atau pentul dibagai dagu.

Iseng2, saya jajal di pashmina lama saya.  Karena untuk trial, jadi saya pilih pashmina jadul.

Pertama ukur dulu lingkar wajah kamu ya.. atau cara yg paling simpel, ukur lingkar wajah bergo favorit yang ukurannya sangat pas diwajah kita. Perhatikan, kalau kain pashmina motif tidak bolak-balik, jahit pada bagian dalam/bawah bahan.

IMG_20160905_085404

ukuran lingkar wajah 25cm

  • lingkar wajah pertama, 50cm.  Lipat ujung kain pashmina, ukur sepanjang 25cm (50cm/2). Kemudian jahit tangan, jelujur saja, sepanjang 5cm.
  • untuk lingkar wajah kedua, 54cm.  Lakukan hal yang sama, lipat ujung kain pashmina sisi lainnya, jahit jelujur sepanjang 5cm
IMG_20160905_085424

lingar kedua 27cm

Gampang banget kan.  Engga sampai lima menit!.  Terus cara pakainya:

Masukan pashtan lingkar wajah pertama (yang ukurannya lebih kecil), baru kemudian masukan lingkar wajah kedua. Tinggal dirapihkan.  Difoto ini, saya tidak menggunakan bross, peniti ataupun jarum pentul.

tutorial pashtan

tutorial pashtan

Ketika dipakai, lebih rapi daripada pakai pashmina biasa ya.. Sangat mudah, cepat dan rapih.  Jaddiii, saya lanjut me-Re-Desain pashmina jadul saya lainnya… Selain pada bahan pashmina ceruti, saya juga sudah mempraktekkan di bahan pashmina katun dan satin.  Hasilnya?.. sama rapihnya… aahh sukaaaa… happy sewing ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*