Seru-seruan ber-Decoupage Ria

photogrid_1473910093760

Diajak teman untuk berekreasi dengan decoupage.  Sebagai crafter abal-abal, nama decoupage mah sudah sering terdengar.  Tetapi baru sekarang niy saya mulai mencoba.  Decoupage adalah teknik menempel tissue di atas bidang kosong, misalnya box kayu, kaleng, talenan, tas kaca, atau bidang apapun, tergantung kreatifitas masing-masing.

Langkah-langkahnya pun cukup sederhana:

  1. Oleskan aquaproof/cat putih pada bidang talenan yang akan ditempeli tissue.
  2. Gunting motif yg diinginkan pada tissue
  3. Kelupas lapisan tisu, lapisan yg dipakai hanya lapisan paling atas yg bergambar.  Beberapa jenis tissue ada yang terdiri dari 2 lapis dan 3 lapis.  Perhatikan dengan seksama, pastikan sudah mengelupas semuanya.
  4. Sapukan lem pada area yang akan ditempeli tissue.
  5. Tempelkan tissue pada area tersebut, ratakan dengan cara diusap perlahan menggunakan sponge.  Tadi kami gunakan sponge cuci piring.
  6. Setelah semua rata, sapukan kembali lem diatas tisu. Pengeleman mulai dari tengah ke arah luar agar tidak ada gelembung udara terjebak di dalam tisu. Biarkan mengering.  Bisa juga gunakan hair dyer untuk mempercepat proses pengeringan.
  7. Lapisi seluruh permukaan talenan dengan vernis. Biarkan mengering

Tetapi ketika mengerjakannya, sungguhlah bukan hal yang sederhana.  Saya memilih medium talenan, sementara teman lain memilih clutch anyam.  Khusus untuk medium talenan, agar gambar dan warna tissuenya terlihat cemerlang, sebelum menempel, talenan di cat putih dulu.  Kami menggunakan aquaproof sebagai pengganti cat putih.

photogrid_1473910176251

 

Kesulitan pertama, menggunting tissue.  Selain karena sangat tipis dan mudah sobek.  Pun memilih bunga atau daun mana yang akan di gunting, untuk kemudian ditata cantik diatas medium menjadi tantangan tersendiri.

Kesulitan kedua, ketika menempel harus sangat berhati-hati dan jeli.  Terutama ketika desain yang kita pilih, terdapat gambar yang bertindihan.  Karena, tidak bisa diulang, jika salah, tissue yang sudah susah payah kita gunting dengan kehati-hatian tingkat tinggi terpaksa dibuang.

Selamat berkreasi teman-teman. ^_^

3 thoughts on “Seru-seruan ber-Decoupage Ria

  1. Pingback: Tas Pandan Decoupage – Permata Suri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*