WhatsApp Click to Chat

Perbaruan WhatsApp Click to Chat ini sangat membantu para pemilik onlineshop (termasuk saya).  Karena sangat mempermudah calon customer untuk langsung chatting dengan sales atau customer service kita ya.. Terutama bagi Onlineshop yang menjadikan Intragram sebagai sumber ‘omset’ utamanya.  Karena di Instagram, kita tidak bisa select-copy-paste deskripsi ataupun comment.   Sehingga cukup menyulitkan atau membuat ‘malas’ calon customer untuk menghubungi CS kita.

Line sebagai messenger sudah terlebih dulu bisa melakukan Click to Chat ini, oleh karenanya banyak teman2 onlineshop yang memasang link line messenger di Bio Instagramnya.  Sehingga bisa meminta calon customer: Klik link di bio untuk order dll.

Nah, feature Click to Chat di WhatsApp ini memungkinkan kita langsung menghubungi atau mengirim mesej tanpa harus menyimpan nomer handphone di kontak terlebih dahulu.Hanya dengang meng-klik link tersebut, kolom chat akan langsung terbuka dan terhubung.

cara membuat link untuk chat di whatsapp

Untuk membuat link whatsapp menuju chat langsung, kita bisa memanfaatkan script url seperti dibawah ini

https://api.whatsapp.com/send?phone=6289650001005&text=Halo%20Kak%20Saya%20Mau%20Order%20Tas

Teman-teman tinggal copy script url diatas, lalu ubah bagian no telpon (6289650001005) dengan nomer HP sales/customer service, dan bisa juga mengubah kata-katanya.

*tanda %20 pada script url diatas artinya Space. kata yang saya warnai hijau itu bisa diubah-ubah ya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Jadi, saat ada yang klik link diatas, maka otomatis akan diarahkan ke aplikasi Whatsapp.

Linknya kepanjangan?.. iyes bener banget.. tapi tenang ada banyak aplikasi gratisan yang bisa membuat link lebih pendek bahkan bisa dibuat lebih personal.

Google juga bisa, silakan cek di goo.gl, tapi saya lebih suka pakai bit.ly. Caranya?

Caranya mudah, tinggal kunjungi situs https://bitly.com/ kemudian daftar.  Sebetulnya tanpa daftar juga bisa membuat shorten link saja.. tapi kalau mau mengubah shorten link menjadi yg lebih mudah diingat maka harus sign up.  Setelah sign-up dengan akun facebook atau G+ .  Copypaste link Api-WhatsApp dibagian atas kanan, kemudian ubah dibagian customize dengan kata-kata yang kita inginkan.

saya ubah linknya dengan ChatMiminManies.. jd lebih mudah diinget kan ^_^

Semoga sharing ini berguna ya ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*